Melek Internet Untuk Anda

BIOSKOP MELEKNET

BIOSKOP MELEKNET
Sekedar pengingat, sejak pertama kali rilis tahun 2004 lalu, sekuel-sekuel SAW hadir sebagai film tahunan untuk perayaan Halloween dan sukses mendapatkan perhatian para pecinta film


Jumat, 12 Maret 2010

Cara Merawat Komputer (Bag. Hardware)

Kali ini saya mencoba bagi-bagi tips cara merawat komputer. Bagi MelekNET'ers yang tidak mau repot-repot mengurus komputer silahkan hubungi kami.

Oke kita mulai saja tips ini. Dalam merawat komputer ada dua bagian penting yang butuh penanganan berbeda yaitu hardware dan software. Untuk tips kali ini kita akan fokus bagaimana merawat komputer pada bagian hardware dulu. Karena kalau digabung akan sangat panjang dan nanti MelekNET'ers jadi males bacanya.

Pertama kali yang harus diwaspadai pada hardware komputer adalah konsentrasi debu yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun perangkat lainnya seperti monitor, keyboard, dll. Apalagi komputer (PC) ditempatkan di ruang terbuka, konsentrasi debu pasti sangat tinggi dan akan menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu. Selain itu, pada saat musim penghujan atau suhu lembab debu akan menyerap uap air dan bersifat seperti konduktor yang dapat menyebabkan hubungan pendek (konsleting). Atau bisa juga mengakibatkan lapisan isolator pada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi, maka perawatan komputer akan lebih sulit karena tidak ada cara lagi selain mengganti peripheral. Jadi solusinya selalu bersihkan komputer dari debu-debu secara berkala.

Yang kedua adalah suhu komputer (pc). Pada beberapa jenis komputer khususnya komputer jadul masih memiliki suhu prosessor yang cukup tinggi namun memiliki cara pendinginan yang saya rasa masih kurang. Untuk itu perlu ditambahkan kipas pendingin tambahan yg biasanya di tempelkan pada casing. Dan juga selalu rawat kipas prosesor agar dapat tetap bekerja maksimal.

Yang ketiga adalah managemen space harddisk yang proporsional. Harddisk ukuran 80GB tentunya tidak proporsional kalau hanya ada 2 partisi masing-masing 40GB untuk C dan D. Padahal pemakaian System C tidak lebih (misalnya) dari 10 GB.

Yang keempat adalah pemasangan peripheral yang yang baik dan benar. Pemasangan peripheral yang asal-asalan biasanya sering terjadi pada PC rakitan .yang dirakit oleh seseorang yang belum mempunyai kompetensi dan pengalaman yang cukup. Sering kali cara pemasangan motherboard atau peripheral lainnya dengan sekrup yang tidak lengkap atau kurang kencang. Ini yang sering terlewatkan dalam cara merawat komputer. Hal ini bisa berakibat sangat fatal. Cara pemasangan soket yang kurang nancap/kurang pas juga bisa berakibat fatal. Komputer jadi sering blue screen, hank, atau bahkan tidak mau nyala sama sekali. Nah, kalau teknisi MelekNET sudah punya kompetensi dan pengalaman yang cukup untuk hal ini. Jadi MelekNET'ers tidak usah ragu. Percayakan perawatan komputer anda pada kami.

Yang kelima adalah kondisi power suply yang harus selalu prima. Ini sering lolos perhatian saat kita merawat komputer. Pada pemakaian komputer (pc) yang sudah lama, kebanyakan power suply akan mengalami retak-retak pada solderan komponennya dan terbakarnya beberapa komponen. Hal ini menyebabkan daya yang berkurang untuk mensuply kebutuhan listrik komputer. Hal ini akan berakibat ke bagian-bagian komputer lainnya.

Yang keenam adalah pastikan tegangan listrik Anda stabil. Agar yakin gunakanlah Stavolt atau kalau dana Anda banyak belilah UPS. Banyak orang yang meremehkan penggunaan stavolt atau maupun pemilihan jenis dan kualitas stavolt. Padahal tegangan listrik yang naik turun dapat mengakibatkan rusaknya komponen komputer (pc). Bila listrik di rumah Anda sering drop/mati atau kurang daya bisa menyebabkan komputer mati secara mendadak tanpa proses Shutdown. Bila Anda menggunakan UPS, hal ini dapat terhindarkan. Karena UPS berfungsi seperti batere untuk komputer Anda. Lain halnya dengan stavolt yang hanya menstabilkan tegangan.

Nah, sudah jelas kan bagaimana cara merawat komputer pada bagian hardware. Kalo masih merasa kerepotan, silakan hubungi kami saja di sini. Mudah-mudahan artikel ini berguna buat p MelekNET'ers yang ingin merawat komputernya sendiri.

Silahkan tunggu lanjutannya cara merawat komputer (bag. software)

Artikel Terkait:

Comments :

0 komentar to “Cara Merawat Komputer (Bag. Hardware)”

Posting Komentar

Tuliskan nama (nick name) untuk memudahkan merespon komentar yang anda tuliskan. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

 

MelekNET Copyright © 2010 by MelekNET Powered By Blogger, IDFL Design by ET